Rabu, 10 Juli 2013

PIRN 2013 part1


Jujur saya ngak tahu harus mulai dari mana, ceritanya saya lagi ikut event yang namanya PIRN. Lebih tepatnya PIRN XII 2013 BOYOLALI. Ya! Boyolali, salah satu daerah di Jawa Tengah. Cerita tentang saya bisa tiba tiba disini cukup panjang dan aneh. Ceritanya Gua (biar enak bahasnya hheee..) di kasih tahu sama kaka kelas Gua namanya Kak Qin , Dia mengikuti event ini tahn kemarin di bontang . Jelas Gua yang junior ditambah masih ingin mencari jati diri di SMA, gua pun merasa antusias mengikuti kegiatan ini. tpi seblm itu gua ngak tahu yang namanya PIRN itu apa? Namanya aja baru denger. Setelah di jelaskan oleh kak qintara dengan begitu jelas dan kepadetan, yang bisa Gua tangkap adalah, PIRN itu semacam pelatihan, atau perkemahan, entah itu camping di gunung, dan itu gk semua anak2 sekolah di indonesia bisa  mengikuti kegiatan tsb mereka harus cepet-cepetan daftar ke Lipi karena kuotanya hanya 450 anak dan 150 guru yang mengikuti kegiatan tersebut.

Singkat cerita Gua minta bantuan dari kordinator kelas gua, dan hasilnya gua harus sendirian meminta tanda tangan dan izin orang tua dan kepala sekolah sindirian sedangkan guruku membantu dengan mencari guru  pembimbing yang cocok, (di luar cerita guruku yang ini pernah mengikutii kegiatan tersebut tahun lalu lewat ceritanya lah gua antusias mendaftar) . O iya, PIRN itu singkatan dari Perkemahan Ilmiah Remaja. Yah, kayak Karya Ilmiah Remaja gitu, dan kebetulan di sekolah gua gk ada KIR tpi ada SC (Science Club) otomatis terpilihlah guru matematika ku yang kebetulah pembina SC untuk menjadi guru pendamping disana. Pendaftaran pertama terdapat 5 siswa termasuk aku mengirin berkas2 lewat fax hasilnya 4 ditrima tpi sesudahnya LIPI membuat kejutan laagi dengan mengurangi kuota yg berlebih otomatis ada 1 yang keluar, secara itu gua kaget mendengar kabar itu dari guruku. tpi Ya sudahlah nasi udah menjadi bubur dan terpilihlah gua dan 2 temen cewek gua (Ridha dan Riska) dari ketiga orang itu gua yang paling "cupu" gk ad prestasi yang gua dapat sekarang sedangkan mereka ? jgn ditanya udh gk penting bgi gua -__-" posisi Gua posisi yang ngak di sangka sangka, secara gitu Gua kurang (baca = ngak) aktif KIRSI (Karya Ilmiah Remaja seBekasi dan Gue mau ngikut acara KIR yang sifatnya KIR banget gitu. Yah, akhirnya Gua sama rombongan pergi ke Boyolali tempat dilaksanakan PIRN XII 2013.
Riska, Ridha, Guru gua ( Mrs Lita) dan Gua


Gua Pergi dari Bekasi Ke Boyolali menggunakan Mobil sekolah (Why?) Because kata guru gua biar gambang menuju lokasi dan parahnya gua mau.. 

Gak terasa 24 jam perjalanan memakai mobil akhirnya sampai di Boyolali So, jangan kaget dulu knp gua bisa 24 jam perjalanan karena keadaan mulai mau memasuki bulan ramadhan atau biasa disebut musim "mudik" lebaran jadi jalur selatan dan utara jawa sedang giat2nya membetulkan jalan, ada kesan aneh dipikiran gua kenapa sih harus nunggu mudik lebaran kenapa gk pas sebelumnya sih???!  gk tau deh itu duit rakyat di pendam atau dikorupsi ama pejabatnya ataukan emang disengaja so, This Is Indonesia ruwet dan masalahnya kita yang harus terima tetapi jangan cmn berpangku tangan kita sebagai penerus bangsa harus bisa berani merubah bangsa ini lbh baik so Get Spirit!!
Asrama Haji Donohuda


Sesampai di asrama haji donohudan gua dihadapkan sebuah papan bertuliskan daftar peserta dan tempat yang dihuninya nanti, gua baca dari kertas pertama.. ngk ada nama gua masih selow.. tpi pas semua kertas yang ada di papan pengumuman gua udh panik, kordinator kelas gua pun berbisik "hayolohh pulang lagi kamu ntar ke bekasi" dalam hati "mampus gua, ya.. kali gua harus balik ke bekasi 24 jam lamanya" gk berapa lama panitia lain memberi secarik kertas di hadapan gua dan menempelkannta di meja depan gua.. And FINALLY I got My Room hhaha.. selesai registrasi gua dikasih sebuah bingkisan yang berisi 2 kaos, 1 name tag yg dipake selama acara dan buku panduannya
Bingkisan yang diberikan setiap peserta
 


Langsung gua mengambil barang bawaan gua di mobil dan langsung menuju asrama cowo di lantai 2 karena lantai 1 itu kosong.. sedangkan lantai 3 itu buat cewek sedangkan lantai 4 itu gk ada yaa karena berhubung gedungnya cmn punya 3 lantai hhehehe...

Sesampai disana gua langsung menuju kamar dan lngsung menanyakan ke petugas kebersihan disana (supaya gampang dicari hhehe) And That It.. My room
Kamar D1 yang gua tinggali selama acara berlangsung (ohh iya yang di cermin itu gua jadi gk ush kaget klo nemu hhehe)
Gambar Chandra
Sesudah mengeluarkan isi tas ke lemari dan di atas kasur gua langsung ke luar kamar untuk ke masjid berhubung sudah masuk waktu dzuhur, sesaat menutup sekaligus mengunci pintu asrama gua bertemu dengan orang2 baru yang sedang melakukan hal yang sama gua lakukan tdi (moga2 aja bener) yap dialah Maliki, taufik yang sama2 dari cimahi dan farkhan dari ternate, maluku utara seusai ber-bincang2 terdengar suara adzan, gua lgsg bergegas ke masjid dan sekalian menggajak teman2ku utk sholat di masjid, seisai sholat di masjid kami pun lgsg ke asrama dan ber-bincang2 soal daerah masing, mulai dari cimahi lah yang katanya kota limbah menurut taufik terus pengalaman disiksa kaka kelasnya lah belum lama berbincang fakhri lgsg menuju kamarnya utk membukakan pintunya utk teman sekamarnya yg baru datang, seusai itu kami lanjut berbincang dan anak yg tdi bru dtng lgsg nimbrung dan mengenalkan dirinya ia adalah firizkie dari bangka.  perbincangan hangat pun ini lanjut sampai ashar dan sekaligus kami jalan2 ke masing kamar di asrama cowok kami pun mengenal chandra dari kalimantan yang sedang menggambar huruf2 china lewat kuas dan kertasnya dan ananta dari boyolali. dan tiba2 ada yang mengetuk pintu kamar D1 (kamarku) dan membawa koper yapp dia lah Adjie dari boyolali dan dia tidur sekamar denganku.

Perbincangan hangat di kamar D1 (dari kanan Adjie,Taufik,Firizkie,yg ngelindur Farkhan dan paling ujung Maliki)
adzan ashar pun menggemac kami pun langsung bergegas ke masjid kami pun mengajak penghuni kamar D3 (kamar Chandra dan ananta) utk sholat walaupun merek tidak mau tpi ya sudahlah lanjutt.. 

di lain cerita. Rasa kantuk dan capek menggema di tubuhku aku pun langsung berbaring di kamar sambil melihat-lihat isi hp dan terdengar suara riuh dan tertawaaa dari kamar D3 aku pun langsung bergegas ke sana dan pa yang terjadi disana sedang ada debat pendapat dari Ahli meya fisika (Taufik) dan org Scientist (Chandra) berawal dari "Jadi Si Taufiq ini kan ceritanya kayak orang supel gitu, sama siapa aja gaul dan suka cerita yang aneh aneh walaupun menurut Dia itu kebenaran. Dan si Chandra ini (Lupa lagi, si Chandra dari Pontianak klo ngak salah Dia muslim. Ya Muslim, Gue juga sempet ngak percaya soalnya muka Dia kayak keturunan gitu, sudahlah) orangnya science gitu, ya pokonya semuanya bisa di jelasin dengan ilmu pengetahuan (jelas beda banget sama Taufiq)." dikutip dari website www.firizkie.com

Mereka berdebat soal Metafisika yang katanya ilmu mempelajari timbulnya asal usul tentang kehidupan tpi bkn itu yang mereka debatkan tpi soal tmbulnya makhluk halus di metafisika kata taufik "mahluk halus itu tercipta dari gesekan gesekan aktifitas manusia sehari hari, contohnya gesekan roda ban dengan jalanan bakal menghasilkan tuyul tuyul muda (sumpah gua ngakak pas di ngomong bgtu) " sbgai scientist chandra pun memberika petanyaan tajam yang berlogat melayu ke taufik, sbgai yang provokasi tema tersebut ia berkilah  "nanti kalau aku bohong berarti kebohongan publik dong" dan diakhir debat sesi pertam chandra mengungguli taufik, lalu ada yang mengetuk pintu kamar, dia lah teguh dari gorontalo dan temannya (gua lupa namanya hhehe) 
Lanjut ke Debat sesi 2 kelihatan di kamar udh rame dengan candaan dan gurauan mereka di kamar D3 hhaha

 Ya walaupun bgtu seisi kamar tambah rame dan dari debat mereka berdua gua sedikit iseng nanya soal social media mereka2 di kamar hhaha *curcol dari hasil tersebut orang disini unik dan berbeda dengan yang lain, semoga aja di lain tempat gua bisa bertemu mereka lagi (kataku dalam hati) 
TO BE CONTINUE....

4 komentar: